Friday, September 23, 2011

CANON hasil ide si TUKANG REPARASI


Rasa ingintahu adalah perasaan alamiah setiap individu pada sesuatu hal, apakah itu rasaheran, takjub, bahkan keinginanan untuk menyingkapkan kebenaran akan sesuatuyang menarik hatinya.


Goro Yoshida(1900-1993) dilahirkan di Hiroshima. Dia lah yang menjadi cikal bakal adanyakamera Canon. Yoshida adalah orang yang selalu tertarik dengan kamera, ia sukamembongkar dan merakitnya kembali ketika masih kanak-kanak. Ketika didrop-out ketika masih ditingkat sekolah menengah, ia mulai bekerja sebagai tukang reparasidanmerekondisi kamera video dan proyektor bioskop.
Berawal darirasa penasaran dan keingintahuan yang tinggi, Goro Yoshida membongkar kameraLeica yang pada masa itu adalah kamera buatan Jerman dengan harga yang sangattinggi 420yen.

Yoshida mempelajari isi dari kameratersebut dan dia kesal setelah melihat isi dari kamera tersebut. Ternyata, didalamnya tidak terdapat barang yang mahal. Semua benda mekanik terbuat darikuningan, almunium, besi, dan karet. Dia kesal karena mengapa material yangharganya sangat murah bias menjadi benda yang sangat mahal.

Tahun1920-an, saat Yoshida melakukan perjalanan ke Shanghai untuk mendapatkan sukucadang proyektor bioskop bertemu dengan pengusaha Amerika orang Amerika itu mengatakan,“kenapa kamu harus menempuh jalan yang begitu jauh ke shanghai hanya untukmendapatkan suku cadang? Jepang telah mampu membuat sejumlah peralatan perangterbaik di dunia,dan bila kalian sanggup membuat barang-barang tersebut, tidakada alasan tidak sanggup membuat sesuatu sederhana suku cadang kamera. Hematwaktumu dan buatlah sendiri”.


Imajinasi Yoshida berapi-rapi saatitu, karena pekerjaannya berhubungan dengan reparasi dan rekondisi kamera,tidaklah heran bila akhirnya ia memutuskan untuk membuat kamera sendiri.Yoshida memutuskan untuk membuat kamera 35mm berkualitas tinggi.
           
Bersama dengan iparnya Saburo Uchidadan Takeo Maeda Yoshida mendirikan PrecisionOptical Instruments Laboratory pada tahun 1993 dan berhasil membuat kamera35mm rabgefinder prototype yang dinamakan Kwanon “Leica model II”. Nama“Kwanon” diambil dari nama dewa umat budha yaitu Kwanon dewa pengasih. Danlensannya diberi nama “kyasapa” yang diambil dari Mahakyasapa yaitu murid daribudha.
           
Dengan semakin banyaknya penelitian,Precision Optical Instruments Laboratory memutuskanuntuk bekerja sama dengan perusahaan pembuat lensa Nippon Kogaku Kogyo (yangsekrang menjadi Nikon Corp.) Nippon Kogaku adalah perusahaan besar pembuatperalatan optic yang secara khusus menangani peralatan militer pada saat itu.Dan kebetulan dibawah kepemimpinan perusahaan yang baru, mereka akan mencobapasar domestic. Sehingga ajakan PrecisionOptical Instruments Laboratory untuk bekerja sama untuk membuat kameramendapat sambutan yang sangat baik. Kerja sama mereka menghasilkan produk masalpertama mereka yang diberi nama “Hansa Canon”.
           
Pada februari 1936 Hansa Canondendan lensa Nikkor 50mm f3.5 resmi di luncurkan dan di pasarkan ke publicjepang dengan harga 275 yen dan di umumkan sebagai kamera 35mm rangefinderbuatan jepang pertama dengan kualitas tinggi. Setelah itu nama Kwanon berubahmenjadi Canon.
            
Seiring perkembangannya namaperusahaan pembuat merk, Canon mengalami beberapa kali perubahan nama. PadaJuni 1936  Precision Optical Instruments Laboratory menjadiJapan Precision Optical InstrumentsLaboratory.
            
Pada 10 Agustus 1937 Japan Precision Optical InstrumentsLaboratory merubah bentuk kepemilikan perusahaan tersebut menjadiperusahaan saham gabungan, dan merubah nama perusahaan tersebut menjadi Precision Optical Industry Co., Ltd dantanggal tersebut di tentukan sebagai tanggal lahir Canon Inc.

KameraCanon inilah yg sedang di gandrungi sebagian anak muda zaman sekarang, entahitu untuk style, profesi atau hanya plagiat.
Padahal menciptakansebuah Pengetahuan memang tidak semudah membalikkan telapak tangan yaitu kitaharus memiliki hasrat yang besar untuk mencari tahu kebenaran dari Rasa InginTahu yang kita miliki karena pada dasarnya segala hal adalah pelajaran untukkita dan selagi kita berusaha untuk mengetahuinya maka kita akan mendapatkanPegetahuan

Pengetahuan adalah suatu jawaban yang muncul dari hasil pencarian danpenelitian rasa ingin tahu seseorang yang kian bergejolak menjadi tumpukanpersoalan yang harus segera diselesaikan dengan berbagai cara apapun meskipunterkadang menemui kegagalan dan berbagai rintangan serta halangan sehinggamenimbulkan kepuasan dalam diri.

Rasapenasaran seorang Goro Yoshida, telah berhasil membuat dirinya menjadi orangsatu-satu nya di jepang yg membuat kamera 35mm berkualitas tinggi pada saatitu. Dan membuktikan bahwa tekhnologiJepang adalah setara dengan tekhnologi Jerman dan semua Negara barat lainnya.

so, marilahjadi bangsa yang mau belajar dari rasa ingin tahu dan menjadikannya hal yangbaru dan berguna.




No comments:

Post a Comment