Friday, January 27, 2012

India Jalin Kerja Sama Pariwisata dengan Bali

• LuckyDelapan News

New Delhi melirik Badung untuk dijadikan sister city dalam bidang pariwisata.

VIVAnews – Keindahan pariwisata di Bali dikagumi oleh berbagai negara di dunia, salah satunya India. Sebagai salah satu pengagum Bali, India ingin belajar banyak dari provinsi ini soal manajemen pariwisata.

"New Delhi ingin membangun hubungan sister city dengan Kabupaten Badung dalam aspek pariwisata,” ungkap anggota DPRD Badung, Wayan Puspa Negara, saat berbincang denganVIVAnews, Jumat 27 Januari 2012.

Politisi Partai Golkar yang baru saja berkunjung ke India ini mengatakan, tiap tahunnya jumlah kunjungan wisatawan asal India di Bali mencapai 2.030 jiwa. Kunjungan dan kerjasama itu sendiri dimaksudkan untuk meningkatkan potensi wisatawan asal Negeri Tajmahal itu.

"Sebanyak 99 persen masyarakat India tahu potensi pariwisata Bali. Apalagi dari segi penataan obyek pariwisata, India jauh tertinggal dari Bali. Jadi kerjasama ini saling menguntungkan,” tutur Wayan yang menjabat sebagai Ketua Badan Legislasi DPRD Badung.

Kerjasama yang dilakukan New Delhi, sambung Wayan, mirip dengan yang pernah dilakukan oleh Malaysia. Sekitar tahun 1989, Negeri Jiran itu ramai-ramai mengirim tenaga magang ke Bali untuk belajar pariwisata. “Sekarang, pertumbuhan pariwisata Malaysia sudah sebegitu pesat,” kenang Puspa Negara.

Dalam kunjungannya ke India, jelas Wayan, rombongan DPRD Badung ditemui oleh Subhash Goyal, Ketua Kamar Dagang India komite penerbangan, pariwisata dan perhotelan. Goyal, kata Wayan, sangat menyambut positif kerjasama yang terjalin tersebut.

“Oktober 2012 mereka kita undang ke Bali bersama asosiasi pariwisata India. Bagi mereka, Bali itu tanah harapan, tanah impian mereka. Kami pun siap memberi jaminan keamanan untuk wisatawan asal India,” imbuh Wayan. (eh)

• VIVAnews  • LuckyDelapan News

No comments:

Post a Comment