Sunday, January 22, 2012

Jembatan "Indiana Jones" Akhirnya Diperbaiki

• LuckyDelapan News

"Aku sungguh tak percaya, 20 persen anggaran nasional untuk sektor pendidikan."

VIVAnews - Jembatan gantung yang menghubungkan Desa Sangiang Tanjung dan Desa Pasir Tanjung, Lebak Banten, kini telah mendunia. Saat adegan dramatis dan mengerikan, anak-anak bergelantungan di jembatan rusak demi bisa bersekolah, tersebar.

Media Inggris, Daily Mail menggambarkan betapa beratnya perjalanan para pelajar Indonesia menuju ke sekolah. Bahkan menyamakan aksi mereka dengan adegan berbahaya di film Indiana Jones. "Aksi mereka seperti aksi di salah satu adegan di film Indiana Jones and The Temple of Doom," tulis Daily Mail.

Artikel tersebut langsung menuai komentar pembaca media populer itu. "Memalukan... di Indonesia? Aku sungguh tak percaya, 20 persen anggaran nasional untuk sektor pendidikan, tapi tak  bisa membuat anak-anak nyaman," kata Arahkompas, warga Jakarta yang berada di Jepang.

Orang tua dari Durham, Inggris mengatakan, jika hal yang sama terjadi di negaranya, niscaya akan muncul ledakan kepanikan para orang tua siswa. "Sangat menyedihkan, anak-anak itu mengalami pengalaman mengerikan seperti itu."

Setelah ramai diberitakan di dalam negeri, juga dunia, pemerintah akhirnya turun tangan. Pemerintah Kabupaten Lebak,Provinsi Banten mulai memperbaiki jembatan gantung yang rusak akibat diterjang luapan banjir Sungai Ciberang minggu lalu.

Bah membuat salah satu bagian tali kawat penyangga jembatan dengan landasan bilah kayu tersebut putus. "Saat ini kami sedang melakukan perbaikan bersama warga sekitar jembatan, ujar Kepala Bagian Humas Pemkab Lebak Hayat Syahida ketika dikonfirmasiVIVAnews Jumat 20 Januari 2012.

Namun, Hayat tidak merinci lebih jauh perbaikan seperti apa yang dilakukan. Sebab, menurutnya secara teknis untuk perbaikan sedang dikaji di Bapeda Kabupaten Lebak. Dia menegaskan kondisi jembaran gantung yang rusak tersebut sudah di tinjau oleh bupati dan jajarannya. "Bupati berharap dalam perbaikan jembatan itu nantinya permanen tidak seperti sekarang ini," jelas dia.
Selain itu, untuk memudahkan dan mendekatkan akses jalan, rencananya juga akan dibuat jalan dari Kampung Ciwaru melalui Sabagi.
• VIVAnews • LuckyDelapan News

No comments:

Post a Comment