Monday, January 30, 2012

Pasar Android Menurun Untuk Pertama Kalinya

• LuckyDelapan News

Ini merupakan pertama kalinya penurunan terjadi dalam sejarah Android.

VIVAnews - Sejak pertama kali diperkenalkan tahun 2008, baru kali ini posisi Android dalam pangsa smartphone melemah. Berdasarkan data ABI Research, di kuartal keempat 2011 pangsa pasar Android mencapai 47,0 persen.
Walau tidak signifikan, angka ini terlihat jelas menurun dari kuartal sebelumnya, kala Android menguasai lebih dari setengah pasarsmartphone. Kuartal sebelumnya, pangsa pasar Android mencapai 52 persen.

Sepanjang catatan sejarah ABI Research, ini merupakan yang pertama kalinya jumlah Android menurun dari kuartal ke kuartal. Apa yang menjadi penyebab?

Kehadiran iPhone 4S disinyalir yang menjadikan Android menurun. Meskipun secara jumlah, ponsel Android yang telah dikirim pada kuartal terakhir mencapai 33 juta. Tapi hal itu belum cukup untuk menghentikan laju seri iPhone terbaru Apple.

“iPhone 4S menghentikan Samsung hingga jatuh, dan melebihi pertumbuhan smartphone Samsung yang membanggakan, 280 persen dari tahun ke tahun,” tulis ABI dalam lamantgdaily.com.
Penjualan Apple mencapai 37 juta iPhone pada kuartal terakhir. Ini membuat Apple untuk pertama kalinya memuncaki pasar smartphone.

Dalam skala global, Apple secara historis hanya sebuah peredam kehadiran. Dan tentunya, di Amerika Serikat, iPhone telah menjadi nomor satu di grafik sejak debutnya.

ABI mempertimbangkan pasar Cina sebagai hal penting dalam ledakan pertumbuhan Apple di seluruh dunia. Tapi perlu dicatat, Apple dihadapkan pada kenyataan bahwa iPhone hanya punya satu kesempatan tiap tahun untuk membuat takjub konsumen, dengan rilis iPhone terbaru. Sementara Android memunculkan perangkat baru dan menarik sepanjang waktu.

Jadi, kita akan melihat jika tren tersebut dapat berlanjut melampaui 2012 dan ini akan menjadi keuntungan khusus untuk melihat iPhone 5 yang dapat menciptakan sebuah level ketertarikan yang sama.
• VIVAnews   • LuckyDelapan News

No comments:

Post a Comment